Spesifikasi Chassis Mercy OC 500 RF 2542 dan Scania K410 EB


Bagi para penggemar bus, tentunya sudah tidak asing lagi nama chassis Mercy OC 500 RF 2542 dan Scania K410 EB. Chassis bus premium tersebut sudah masuk ke Indonesia pada tahun 2014 disusul dengan K410 secara resmi masuk indonesia pada tahun 2015. Keduanya mengusung mesin dengan volume besar dengan kontrol full elektronik. Faktor kenyamanan sudah pasti tidak diragukan lagi, berbasis 3 poros roda built in air suspension dan independen suspension pada kaki-kaki roda depan.

Untuk faktor kestabilan dan  keamanan keduanya memiliki teknologi yang sama sebagai contoh pada sistem pengereman menggunakan Electronic Stability Programme (ESP), Electronically controlled Anti-lock Braking System (EBS) dan Traction Control (TC).

Baik OC 2542 maupun K410 menggunakan sistem transmisi otomatis. Scania menggunakan  8-speed (Scania Opticruise) sedangkan Mercy memakai 12-speed. Dapur pacu Mercy di Claim sanggup menghasilkan tenaga 422 hp sedangkan Scania sedikit lebih kecil yakni 410 hp. Kebayang kan power nya yang besar, pasti enak untuk bermanuver.

Untuk dimensinya sendiri dapat di adjust kira-kira 12 meter sampai dengan 13,5 meter panjangnya. Detail dimensi masing-masing chassis tersebut dapat dilihat pada Gambar berikut

scania-k410-8

Chassis Scania K410

2542

Chassis OC500RF 2542

Secara keseluruhan perbadingan teknis keduanya yang coba saya ringkas dari beberapa sumber antara lain:

Spesifiakasi OC 500RF 2542 K410 EB
Mesin Mercedes-Benz OM 457LA Euro 3 Diesel, 6 segaris, injeksi langsung dengan Turbo Intercooler  DC13 107 EURO 3
4-stroke 6-cylinder in-line, 4-valves per cylinder, turbo-charged, intercooled, Scania PDE injection
Volume Silinder 11.967 cc 13.000 cc
Output Max 422 HP pada 1.900 rpm 410 HP pada 1.900 rpm
Gearbox/Trans. GR875R, 8-speed Scania Opticruise Automated 12-kecepatan maju
Kecepatan Max. 120 km/h 120 km/h
Retarder Ya Ya
Suspensi Suspensi Udara Depan Belakang dengan Level control Suspensi Udara Depan Belakang dengan Level control
Sistem Pengereman dan Keamanan • Dua jalur udara tekan penuh dengan disc brake                                              • EBS (Electronic Braking System)                 • ABS (Anti-lock Braking System)                      • ASR (Acceleration Skid System)                     • ESP (Electronic Stability Program) • Electronic Stability Programme (ESP)
• Electronically controlled Anti-lock Braking System
(EBS)
• Traction Control (TC)
• Interlock valve with parking brake
• Asbestos-free linings
• Hill Hold function
Kelistrikan Alternator 1 X 28 V / 140 A Alternator : Heavy duty 150A + 150A
Berat Kotor 24.000 Kg 25.000 Kg
Kapasitas Tangki 600 Liter 500 Liter

Demikian ringkasan spesifikasi teknis Mercy 2542 dan Scania K410, semoga kita dapat kesempatan untuk mencobanya karena chassis bus ini masih jarang dijumpai.

Salam bismania…

sumber :
1. https://imotorium.com/2016/03/24/scania-k410-triple-axle-sekaligus-flagship-scania-di-indonesia-rival-berat-mercedes-oc-500-rf-2542/
2.http://www.scania.com.my/Images/K410_EB_6X2_with_Opticruise_tcm78-312892.pdf
3. Brosur Mercedes OC 500 RF-2542 420x297mm Outside

Leave a Reply