Bagi para penggemar bus, tentunya sudah tidak asing lagi nama chassis Mercy OC 500 RF 2542 dan Scania K410 EB. Chassis bus premium tersebut sudah masuk ke Indonesia pada tahun 2014 disusul dengan K410 secara resmi masuk indonesia pada tahun 2015. Keduanya mengusung mesin dengan volume besar dengan kontrol full elektronik. Faktor kenyamanan sudah pasti tidak diragukan lagi, berbasis 3 poros roda built in air suspension dan independen suspension pada kaki-kaki roda depan.
Untuk faktor kestabilan dan keamanan keduanya memiliki teknologi yang sama sebagai contoh pada sistem pengereman menggunakan Electronic Stability Programme (ESP), Electronically controlled Anti-lock Braking System (EBS) dan Traction Control (TC).
Baik OC 2542 maupun K410 menggunakan sistem transmisi otomatis. Scania menggunakan 8-speed (Scania Opticruise) sedangkan Mercy memakai 12-speed. Dapur pacu Mercy di Claim sanggup menghasilkan tenaga 422 hp sedangkan Scania sedikit lebih kecil yakni 410 hp. Kebayang kan power nya yang besar, pasti enak untuk bermanuver.
Untuk dimensinya sendiri dapat di adjust kira-kira 12 meter sampai dengan 13,5 meter panjangnya. Detail dimensi masing-masing chassis tersebut dapat dilihat pada Gambar berikut
Chassis Scania K410
Chassis OC500RF 2542
Secara keseluruhan perbadingan teknis keduanya yang coba saya ringkas dari beberapa sumber antara lain:
Spesifiakasi | OC 500RF 2542 | K410 EB |
Mesin | Mercedes-Benz OM 457LA Euro 3 Diesel, 6 segaris, injeksi langsung dengan Turbo Intercooler | DC13 107 EURO 3 4-stroke 6-cylinder in-line, 4-valves per cylinder, turbo-charged, intercooled, Scania PDE injection |
Volume Silinder | 11.967 cc | 13.000 cc |
Output Max | 422 HP pada 1.900 rpm | 410 HP pada 1.900 rpm |
Gearbox/Trans. | GR875R, 8-speed Scania Opticruise | Automated 12-kecepatan maju |
Kecepatan Max. | 120 km/h | 120 km/h |
Retarder | Ya | Ya |
Suspensi | Suspensi Udara Depan Belakang dengan Level control | Suspensi Udara Depan Belakang dengan Level control |
Sistem Pengereman dan Keamanan | • Dua jalur udara tekan penuh dengan disc brake • EBS (Electronic Braking System) • ABS (Anti-lock Braking System) • ASR (Acceleration Skid System) • ESP (Electronic Stability Program) | • Electronic Stability Programme (ESP) • Electronically controlled Anti-lock Braking System (EBS) • Traction Control (TC) • Interlock valve with parking brake • Asbestos-free linings • Hill Hold function |
Kelistrikan | Alternator 1 X 28 V / 140 A | Alternator : Heavy duty 150A + 150A |
Berat Kotor | 24.000 Kg | 25.000 Kg |
Kapasitas Tangki | 600 Liter | 500 Liter |
Demikian ringkasan spesifikasi teknis Mercy 2542 dan Scania K410, semoga kita dapat kesempatan untuk mencobanya karena chassis bus ini masih jarang dijumpai.
Salam bismania…